Terungkap, Alasan Teh Berbahaya Bagi Kesehatan


INILAH.COM, Jakarta - Segala sesuatu jika dilakukan atau dikonsumsi secara berlebihan sudah tentu akan mengganggu kesehatan. Hal ini juga berlaku bagi teh, minuman favorit masyarakat Indonesia.
Terungkap, Alasan Teh Berbahaya Bagi KesehatanMinum teh yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, tak hanya memberikan manfaat, namun juga membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.Dr John Milner, asisten Profesor Departemen Urology, Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, menyatakan bahwa orang yang memiliki kecenderungan pembentukan batu ginjal, teh merupakan minuman yang tidak dianjurkan untuk diminum.
Teh mengandung oxalate dengan konsentrasi tinggi, salah satu zat kimia yang dapat memicu pembetukan batu ginjal dan kerusakan umum saluran kemih.

Selain itu, kebiasaan kurang baik selama musim panas yang sering dilakukan banyak orang adalah cenderung memilih minuman segar seperti es teh manis, dibandingkan minum air putih.

Dehidrasi yang dikombinasikan dengan peningkatan konsumsi teh, meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal terutama bagi orang yang mengidap risiko itu.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam. Sering kali ditemukan di urin dalam ginjal atau uretra (saluran kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih).

Tak hanya minum teh dalam porsi banyak yang berbahaya, Bila seseorang mengkonsumsi Teh bersama makanan besar (makan nasi dengan lauk), Zat besi yang ada di lauk akan terikat oleh tannin dan catechin sehingga tidak dapat terserap usus.

Fe atau zat besi di makanan berguna membentuk sel darah merah atau eritrosit. Jadi, bila seseorang kekurangan zat besi, akan timbul penyakit kekurangan sel darah merah atau eritrosit yang sering disebut anemia Defisiensi Besi.

Anemia Defisiensi Besi yang parah dalam waktu lama bisa mengakibatkan berbagai komplikasi anemia diantaranya gagal jantung, gangguan pertumbuhan dan komplikasi saat persalinan.

Sumber http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1925307/terungkap-alasan-teh-berbahaya-bagi-kesehatan
Share on Google Plus

About Syifa Shop Beaty & Vitality

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Tinggalkan komentar anda.. Tidak ada verifikasi kata..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...