Breaking News
Loading...
Kamis, 18 April 2013

Terciptanya Anjing dan Asal-usul Mengapa Anjing Jadi Najis

Setiap yang Allah perintahkan atau larang pasti terdapat hikmahatasnya.

Jika Allah mengharamkan sesuatu pasti terdapat keburukan di dalamnya, jika Allah menghalalkan sesuatu pasti ada kebaikan di dalamnya untuk kelangsungan hidup manusia di bumi ini.

Berikut cerita tentang haramnya anjing :
Pada masa pra penciptaan Adam, Allah memerintahkan empat malaikat Muqarrabuun, yaitu Jibril,Mikail, Izrail dan Israfil, untuk mengumpulkan empat unsur fisik bahan penciptaan alam material/alam mulk (tanah, api, airdan udara) dari tempat-tempat tersuci untuk dijadikan sebagai Adam as.

Lalu Allah membentuk ‘adonan’ jasad Adam dalam posisi terlentang, masih berbentuk tanah. Pada saat ini, karena belum ditiupkan ruh kepadanya, adonan berbentuk manusia ini belum hidup.

Pada masa ini, sebagaimana Adam adalah ‘prototipe’ manusia, semua hewan dan tumbuhan sudah ada ‘prototipe’nya pula di surga. Melihat adonan tanah itu, Iblis membaca rencana Allah untuk menciptakan manusia.

Dia demikian cemburu, dan didatangilah adonan tanah ini, dan iblis meludah kepadanya. Ludah iblis ini jatuh pada titik di mana ada pusar kita sakarang.

Karena hal ini, maka marahlah Allah (belum sampai murka, murka-Nya ketika iblis menolak untuk sujud sehingga iblis dikutuk) kepada Iblis, dan diusir-Nya iblis dari ‘wilayah surga’, dan iblis tertahan di muka gerbang surga.

Lalu dia mencari akal, bagaimana untuk memasuki surga kembali. Karenanya iblis, dalam rencananya, harus menghasut kuda. Ia menghasut raja burung di surga pada saat itu (berbentuk seperti merak, tapi jauh lebih indah), minta diselundupkan ke dalam surga.

Raja burung itu memanggil hewan terindah di surga saat itu, yaitu Ular. Ketika itu, ular masih hewan yang sangat indah dan memiliki empat kaki. Ular menyediakan mulutnya kepada iblis, dan masuklah ular kembali ke surga dengan iblis di dalam mulutnya, membawa iblis menemui kuda.

Iblis menghasut kuda dengan mengatakan,“Jik-- a makhluk itu (Adam) tercipta, maka hingga akhir zaman keturunannya akan menduduki punggung keturunanmu.”

Kuda sangat marah mendengar hal ini, dan larilah ia ke adonan tanah Adam tadi, untuk menginjak-injak-- nya. Tapi pada saat kuda mendekat, Allah mengambil secuil tanah, pada bagian terkena ludah iblis tadi, dan dari tanah yang terkena ludah iblis tadi dijadikanlah seekor anjing.

Anjing inilah mengusir kuda, dan ia, sesuai perintah Allah, menjaga adonan tanah Adam sampai dihidupkan-Nya.-- Dari sini bisa dipahami, kenapa anjing adalah hewan yang paling setia kepada manusia: karena ia tercipta dari ‘adonan tanah’ yang sama denganAdam a.s tetapi anjing sudah tercampur dengan ludah iblis.

Ini awal mula air liur anjing menjadi diharamkan. Demikian pula, ular ‘dikutuk’ membawa mulut yang beracun, karena menyediakan mulutnya sebagai tempat iblis menyelundup.

Ia pun dikutuk dengan dibuang keempat kakinya menjdi melata dan lambat,dan dihilangkan predikatnya sebagai hewan terindah di surga yang pernah diciptakan Allah.

Sumber

(UPDATE: Bagi yang masih bingung tentang dalilnya/hadistnya, silahkan lihat dahulu kolom  komentar, ada penjelasannya)


34 komentar:

  1. Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. wait. kenapa Allah menciptakan hewan yang dinajiskan ? kenapa hewan itu dinajiskan atau diharamkan ? karena semua ciptaan Allah itu baik. lalu untuk apa Allah menciptakan hewan haram ? semua ciptaan itu punya tujuan. kalau hewan dihina, berarti sama aja kan menghina Allah yang telah membuat hewan itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamu'alaikum mas/mbak..
      memang Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya,saya disini hanya membahas haram air liur anjing dan menceritakan asal usul anjing mengapa menjadi haram, tetapi bukan bermaksud untuk menghina hewan tersebut,
      menurut saya juga ada sifat sifat anjing yang perlu ditiru seorang muslim. :
      • Banyak menanggung lapar, seperti orang-orang saleh yang rajin puasa dan sedekah.
      • Tidak mempunyai tempat tertentu, seperti orang-orang tawakkal.
      • Sedikit tidur di waktu malam, seperti orang- orang yang mengabiskan sepertiga malamnya untuk mendekatkan diri pada sang pencipta.
      • Tidak mempunyai harta seperti orang-orang yang zuhud.
      • Setia dan tidak meninggalkan tuannya sekalipun kasar terhadapnya.
      • Rela di mana saja berada, seperti orang-orang yang rendah hati dan ikhlas.
      • Pergi dari tempat ia diusir ke tempat lainnya, seperti orang-orang yang ridha.
      • Jika dipukul dan kemudian diberi sesuatu, maka ia akan kembali tanpa ada rasa dendam, seperti orang-orang yang khusyu'.

      “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring, dan setiap jenis burung yang mempunyai kuku untuk mencengkeram.” (HR. Muslim no. 1934)

      Jika tidak untuk dimakan, maka anjing sama seperti hewan lainnya yang tidak memiliki sifat apapun.
      Anjing memang memiliki najis, namun itu hanya sebatas air liurnya saja dan bukan seluruh bagian dari tubuhnya. Najis sendiri adalah suatu kotoran yang harus dibersihkan dalam ajaran Islam.Sama halnya dengan tinja misalnya yang bersifat najis. Meskipun tinja najis, bukan berarti kita lantas menahan buang air seumur hidup untuk menghindari najis. Begitu pula dengan air liur anjing yang bersifat najis, yang perlu kita lakukan hanyalah membersihkannya.

      Hapus
    2. Kalau jwaban dari sya, saya akan balik bertanya.. Kenapa tuhan melarang makan buah khudi kepada adam dan hawa ketika berada di surga..pdhal yg kita tau di surga itu semua yg terbaik dari tuhan ada di tempat tersebut.. Jadi intinya tuhan melarang sesuatu pasti mempunyai tujuan, dan khususnya pasti untuk menguji kita sebagai makhluknya apakah taat pada perintahnya atau berpaling..
      (Hanya tuhan Ɣãŋg̶̲̥̅̊ lebih tau)

      Hapus
    3. mantap suhu, benar juga sih , jempol dah buat anda..
      Wallahua'lam.

      Hapus
    4. katanya hanya tuhan yang tahu, kok anda tahu juga? gimana tuh?

      Hapus
    5. kalau anda tau itu rahasia tuhan berarti hanya ada 2 kemungkin
      1. itu bukan rahasia lagi karena anda sudah tau rahasianya
      2. andalah tuhanya

      Hapus
    6. hanya spekulasi tapi yg lebih tahu adalah tuhan.

      Hapus
    7. makasih bang masukannya, bukannya saya menuhankan diri @anonim ,
      Wallohualam
      @hamba Allah iya bang...

      Hapus
  3. Wadauuu dapa cerita dari Mananih,,....?? Dongeng ya,,,.....??

    BalasHapus
  4. oh gtu,, aku lbh suka kucing sih drpd anjing

    BalasHapus
  5. Thanks Infonya, saya lebih suka anjing daripada kucing karena anjing lebih mudah diatur, apa boleh kita memelihara anjing, tapi dirantai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga sih emang lebih suka di atur bang..
      boleh bang boleh asal tidak kena air liurnya dan bisa mengontrol anjing tersebut(agar najisnya tidak kemana mana).
      Coba searching di Google biar lebih jelas bang.

      Hapus
    2. emang kalo kucing ga' najis ya?

      Hapus
  6. Aslamualaikum kang , ada gak dalil atau hadistnya tentang ini ?

    BalasHapus
  7. Aq pernah dengar dr Guru Agam a pas SD-SMA ,,,Subhanallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. (o) siap bang, kalo ada tambahan share disini ya bang .

      Hapus
  8. lho tau dari mana prosesnya seperti ini?, ada d alquran emang???

    BalasHapus
  9. Minta dalilnya dong, di Al-Quran kan gk ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam kitab “Nur al-Mubin” dinukil (sebuah riwayat) dari Amirul Mukminin Ali. Suatu hari, beliau bertanya kepada Rasulullah SAW tentang penciptaan anjing. Rasulullah SAW bersabda, “Ketika Adam as turun ke bumi dan hidup sendiri, serta lantaran takut dia gemetar, setan mendekati binatang-binatang buas yang ada dibumi dan berkata kepada mereka ‘Telah jatuh makanan surgawi ke suatu daerah, dimana makanan itu besar dan sangat lezat. Kalian sama sekali belum pernah memakannya. Datanglah, dan aku akan membawa kalian pada makanan itu, sehinga kalian (dapat) menjadikannya sebagai santapan kalian’ “.

      “Maka setanpun membawa binatang-binatang buas itu dan menghantarkannya kepada Adam as. Dan adampun menjerit ketakutan saat mereka ingin memangsanya. Ketika setan menggerakkan mereka untuk membunuh Adam as, tiba-tiba air liur setan jatuh ke permukaan bumi, dan Allah swt dengan serta merta menciptakan dua ekor anjing (jantan dan betina) dari air liur setan itu. Keduanya lalu menuju Adam as (dan berada) di sekeliling Adam as serta sibuk menjaga Adam as; tidak membiarkan para binatang buas itu melukai Adam as. Sejak itu, anjing-anjing bertanggung jawab untuk menjaga anak Adam dari binatang buas.”

      Sember: Ridha Jahid.Tahukah Anda?.Jakarta:Cahaya. 2006

      gimana? masih kurang jelas?

      Hapus
    2. kok ada hal yang gk pas dengan cerita dia atas dengan cerita dikitab ini

      Hapus
    3. iya bang, yang saya posting masih penuh dengan pro dan kontra, mungkin ke depannya trir ini akan saya hapus, makasih bang atas koreksinnya

      Hapus
    4. Assalamu Alaikum WR.WB... Saya membaca kata demi kata dari judul postingan sampe balasan komen di atas.... Hal yg sangat garis bawahi adalah LUDAH IBLIS (Masih di surga) yg jatuh diperut jadi pusar dan AIR LIUR (Dibumi) binatang buas yang jatuh di tanah... menurut anda di ambill oleh Allah SWT untuk di ciptakanNya anjing....
      Pertanyaan saya : Yang mana benar...? Jika salah satunya salah HAPUS saja.. wassalam

      Hapus
  10. Makasih infonya yaa, sekarang saya tau :)

    BalasHapus
  11. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    BalasHapus
  12. terimakasih :))

    BalasHapus
  13. ada ayat di Al-Qur'an yang menjelaskan anjing itu haram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. “Barang siapa memelihara anjing, akan berkurang pahala amalannya setiap hari satu qirath, selain anjing penjaga tanaman atau anjing penjaga hewan ternak.” (HR. al-Bukhari no. 3146)

      Ini adalah dalil yang paling jelas yang menunjukkan bahwa anjing tidak boleh dimakan. Sebab, apabila boleh dimakan tentu boleh pula dipelihara untuk dimakan, dan itu jelas.

      gimana ? masih kurang jelas?

      Hapus
  14. om, tulisannya bisa di pertanggung jawabkan gak tuh???? dari mana sumbernya kok tau gimana adam di ciptain layaknya nyiptain roti?

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda.. Tidak ada verifikasi kata..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...

 
Toggle Footer