Berbagai Gangguan Setan Ketika Kita Melaksanakan Sholat

Assalamualaikum Wr Wb:)

Kali ini saya akan ngebahas tentang macam gangguan setan ketika kita melaksanakan sholat

Yup kita mulai ya.


Setan tidak akan pernah berhenti menggoda kita gan sampai akhir zaman, hanya orang beriman yang bisa ngalahin godaan setan. Munkin sobat pernah berfikir dengan bangganya, aku sudah sholat dan bisa khusyuk dan tepat waktu. Nah kalimat diatas nunjukin bahwa sobat sebenarnya udah terpengaruh setan untuk menyombongkan diri
Apalagi sobat kalau sedanga Sholat, setan akan berusaha ngegoda sobat sampek titik darah penghabisan... Ini ni yang dilakukan setan jika kita sedang Sholat.

1.WAS-WAS SAAT TAKBIRATUL IKHRAM

Saat mulai membaca takbiratul ihram "Allahu Akbar" , ia ragu apakah takbir yang dilakukannya itu sudah sah atau belum. Sehingga ia langsung mengulanginya lagi dengan membaca takbir. Peristiwa itu terus menerus terulang, terkadang sampai imamnya hampir ruku'

Ibnul Qayyim berkata, "Termasuk tipu daya syetan yang banyak menggangu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam shalat".
Was-was itu membuat mereka tersiksa dan tidak nyaman.


2.TIDAK KONSENTRASI DISAAT MEMBACA BACAAN SHALAT


Ini yang kedua ni sob, sobat pernah kan waktu baca surat pendek tiba-tiba lupa ditengah jalan... nah ini salah satu gangguan dari setan

Sahabat Rasulullah yaitu 'Utsman bin Abil 'Ash datang kepada RasuluLlah dan mengadu, "Wahai RasuluLlah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam shalatku dan membuat bacaanku salah dan rancu".
RasuluLlah menjawab, "Itulah syetan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah. Akupun melakukan hal itu dan Allah menghilangkan gangguan itu dariku" (HR. Muslim)


3. LUPA JUMLAH RAKAAT YANG DIKERJAKAN


Nih gangguan yang sering saya alamin, apalagi kalau rokaat ke 3, saya lupa udah berapa rokaat yang udah saya kerjakan.


Abu Hurairah berkata, "Sesungguhnya RasuluLlah telah bersabda, "Jika salah seorang dari kalian shalat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam" (HR Bukhari dan Muslim)


4. HADIRNYA PIKIRAN YANG MENGGANGGU KONSENTRASI



Hal yang paling sulit kita hilangkan jika kita Sholat....

Abu Hurairah berkata, "Rasulullah bersabda, "Apabila dikumandangkan adzan shalat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara adzan tersebut. Apabila muadzin telah selesai adzan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang shalat seraya berkata kepadanya, ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat! Sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia shalat" (HR. Bukhari)


5.TERGESA-GESA UNTUK MENYELESAIKAN SHALAT


Ngaku gak sob, kita sering waktu Sholat pengen cepet nyelesein tu Sholat, gara-garanya sepele, mulai dari pengen maen game, udah ga sabar pengen makan..atau apapun lah.



Ibnul Qayyim berkata, "Sesungguhnya ketergesa-gesaan itu datangnya dari syetan, karena tergesa-gesa adalah sifat gegabah, asal dan sembrono yang menghalang-halangi seseorang untuk berprilaku hati-hati, tenang dan santun serta meletakkan sesuatu pada tempatnya. Tergesa-gesa muncul karena dua perilaku buruk, yaitu sembrono dan buru-buru sebelum waktunya".
Tentu saja bila shalat dalam kondisi tergesa-gesa, maka cara pelaksanaannya asal. Asal mengerjakan, asal selesai dan asal jadi. Tidak ada ketenangan atau thu-ma'ninah. Pada zaman Rasulullah ada orang shalat dengan tergesa- gesa. Akhirnya Rasulullah memerintahkannya untuk mengulanginya lagi karena shalat yang telah ia kerjakan belum sah. Rasulullah bersabda kepadanya, "Apabila kamu shalat, bertakbirlah (takbiratul ihram). Lalu bacalah dari Al-Qur'an yang mudah bagimu, lalu ruku'lah sampai kamu benar-benar ruku' (thuma'ninah) , lalu bangkitlah dari ruku' sampai kamu tegak berdiri, kemudian sujudlah sampai kamu benar-benar sujud (thuma'ninah) dan lakukanlah hal itu dalam setiap rakaat shalatmu" (HR. Bukhari dan Muslim)


6.MELAKUKAN GERAKAN-GERAKAN YANG TIDAK PERLU


Sobat pasti pernah kan tiba-tiba menggaruk-garuk ketika Sholat, atau yang lainnya... itu termasuk gangguan setan sob.



Dahulu ada seorang sahabat yang bermain kerikil ketika sedang tasyahud. Ia membolak-balikkannya.
Melihat hal itu, maka Ibnu Umar segera menegurnya selepas shalat. "Jangan bermain kerikil ketika shalat karena perbuatan tersebut berasal dari syetan. Tapi kerjakan seperti apa yang dikerjakan RasuluLlah". Orang tersebut bertanya, "Apa yang dilakukannya? " Kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kiblat atau tempat sujud. "Demikianlah saya melihat apa yang dilakukan RasuluLlah" kata Ibnu Umar (HR. Tirmidzi)


7.MENENGOK KANAN KIRI KETIKA SHALAT


Yup ini juga salah satu godaan setan terhadap kita sob.


Dengan sadar atau tidak, orang tersebut menengok ke kiri atau ke kanan, itulah akibat godaan syetan penggoda. Karena itu, setelah takbiratul ihram, pusatkan pandangan pada satu titik. Yaitu tempat sujud. Sehingga perhatian kita menjadi fokus dan tidak gampang dicuri oleh syetan. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah, ia berkata, "Saya bertanya kepada RasuluLlah tentang hukum menengok ketika shalat". RasuluLlah menjawab, "Itu adalah curian syetan atas shalat seorang hamba" (HR. Bukhari)


8.MENGUAP DAN MENGANTUK


Ini yang paling sering kita alamin jika sholat, asal sobat tau, katanya mengapa kita ngantuk... itu karena Setan sedang ngencingin mata kita biar kita ngantuk




RasuluLlah bersabda, "Menguap ketika shalat itu dari syetan. Karena itu bila kalian ingin menguap maka tahanlah sebisa mungkin" (HR Thabrani).

Dalam riwayat lain RasuluLlah bersabda, "Adapun menguap itu datangnya dari syetan, maka hendaklah seseorang mencegahnya (menahannya) selagi bisa. Apabila ia berkata ha... berarti syetan tertawa dalam mulutnya" (HR. Bukhari dan Muslim)


9.BERSIN BERULANGKALI SAAT SHALAT


Setan mungkin lagi main di hidung kita ya biar kita gak konsen.




Syetan ingin mengganggu kekhusyu'an shalat dengan bersin sebagaimana yang dikatakan Abdullah bin Mas'ud, "Menguap dan bersin dalam shalat itu dari syetan" (HR.Thabrani).

Ibnu Hajar mengomentari pernyataan Ibnu Mas'ud, "Bersin yang tidak disenangi Allah adalah yang terjadi dalam shalat sedangkan bersin di luar shalat itu tetap disenangi Allah. Hal itu tidak lain karena syetan memang ingin menggangu shalat seseorang dengan berbagai cara.


10.TERASA INGIN BUANG ANGIN ATAU BUANG AIR SAAT SHALAT


Ini yang sering bikin sholat saya batal sob, padahal udah rokaat terakhir.


RasuluLlah bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya" (HR Muslim).


Nah itu macam-macam gangguan setan jika kita melaksanakan sholat, nakutin kan sob usahanya mereka
Semoga kita semua dibebaskan oleh Allah dari gangguan-gangguan tersebut.

Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.
Share on Google Plus

About Syifa Shop Beaty & Vitality

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

19 komentar:

  1. salam, semoga sholat-nya mas agung tidak terganggu.
    terima kasih atas info nya, salam.

    BalasHapus
  2. izin simpar gmbarnya shoob..trima kasih 'ilmunya...

    BalasHapus
  3. Trim's infonya agung nugroho, lengkap n bermanfa'at

    BalasHapus
  4. Trim's infonya agung nugroho, lengkap n bermanfa'at

    BalasHapus
  5. INFONYA BAGUS.. tp alangkah baiknya pakai hadits jug bang.. he

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung..
      itu hadisnya sudah ada kok, silahkan di baca dahulu..

      Hapus
  6. bener banget. beberapa poin saya sering ngalamin. apalagi kalau salat empat rakaat. kadang pas di rakaat tiga malah lupa, ini udah rakaat terakhir apa belum :( wah, ternyata setan memang bener-bener mengganggu kita dengan banyak cara ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kita harus lebih konsentrasi lagi, terimakasih kunjungannya:)

      Hapus
  7. waaah nice info bro,, point 3,8,10 tu sering bgt gw alami. gmn cara melawan tuh setan atau klo perlu membinasakannya ya bro?? ada ide gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih konsentrasi aja bang, dikit dikit, insya Allah ibadah kita di terima oleh Allah SWT :)

      Hapus

Tinggalkan komentar anda.. Tidak ada verifikasi kata..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...