Nuzulul Qur'an

Nuzulul Qur'an, pasti sobat tau kan apa itu Nuzulul Qur'an? Ya benar, Nuzulul Qur'an adalah malam dimana Al Qur'an pertama kali diturunkan. Pada saat tersebut surah Al-Alaq ayat 1-5 diturunkan ke nabi Muhammad SAW yang sedang berada di gua Hira. 
Saya jadi teringat ketika SMA dulu pernah mendapatkan pelajaran tentang Nuzulul Qur'an, Alhamdulullah saya sempat mencatatnya yaitu tentang diturunkannya Al-Qur'an. 

Dipandang dari segi filososfis maupun teologis, Al Qur’an di turunkan melalui tiga tahapan, yaitu:

Pertama : Al Qur’an diturunkan secara keseluruhan ke lauh mahfuzh oleh Allah.
Lauh mahfuzh adalah suatu tempat yang merupakan catatan tentang segala ketentuan dan kepastian Allah. Proses pertama ini diisyaratkan: 
Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia, Yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh. (Q.A Al-Buruj : 21-22)

 Kedua : Al Qur’an diturukan dari lauh mahfudh ke langit dunia (bait Al ‘izzah) pada lailatul qadr secara keseluruhan.
Proses kedua ini diisyaratkan Allah dalam :
Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. (Q.S. Al-Qadar : 1)
  Maksud ayat : Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, Karena pada malam itu permulaan Turunnya Al Quran.

Ketiga : Al Qur’an diturunnkan secara berangsur-angsur dari langit dunia (Bait Al ‘izzah) melalui malaikat jibril as. kepada nabi Muhammad SAW.
Mengenai proses ketiga ini diisyaratkan dalam firman Allah :
Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, Dengan bahasa Arab yang jelas.(Q.S. Asy-Syuara : 193-195)

Bacaan, begitulah arti Al-Qur’an secara bahasa. Tapi apa benar seorang muslim dikatakan muslim apabila sudah membaca tetapi tidak mengamalkannya ??? Kembali kepada diri kita masing-masing.
Tidak terasa sudah setengah bulan lebih kita menjalannkan ibadah puasa, dan yang paling di nanti-nanti pada bulan Ramadhan ini adalah malam Lailatul Qadar, Suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan! 

Tanda-tanda Lailatul Qadr
Pagi harinya matahari terbit dalam keadaan tidak menyilaukan, seperti halnya bejana (yang terbuat dari kuningan). (H.R Muslim)
Lailatul Qadr adalah malam yang tenang dan sejuk (tidak panas dan tidak dingin) serta sinar matahari di pagi harinya tidak menyilaukan. (H.R Ibnu Khuzaimah dan Al Bazzar) 

Asy-Syaikh ‘Abdul Aziz bin Baz dan Asy Syaikh Abdullah bin Qu’ud rahimahumallahu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih bersungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk mengerjakan shalat (malam), membaca Al-Qur’an, dan berdo’a daripada malam-malam selainnya”. (Fatawa Ramadhan, hal.856)

Demikianlah hendaknya seorang muslim/muslimah menghidupkan malam-malamnya pada 10 Terakhir di bulan Ramadhan dengan meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, shalat tarawih dengan penuh iman dan harapan pahala dari Allah I semata, membaca Al-Qur’an dengan berusaha memahami maknanya, membaca buku-buku yang bermanfaat, dan bersungguh-sungguh dalam berdo’a serta memperbanyak dzikrullah.
Mari kita semua pada malam tersebut memperbanyak do’a, dzikir, dan istighfar. Semoga anugerah Lailatul Qadr ini dapat kita raih bersama, sehingga mendapatkan keutamaan pahala yang setara (bahkan) melebihi amalan 1000 bulan. Amiin Ya Rabbal ‘Alamin.
Share on Google Plus

About Syifa Shop Beaty & Vitality

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar:

  1. alhamdulilah ilmuku semakin bertambah terimaksih.. gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga anugerah Lailatul Qadr bisa kita raih bersama bang, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya

    BalasHapus
  4. semoga kita mendapatkan malam itu, amin ..

    BalasHapus
  5. bismillah, semoga kita tergolong insan yang mampu mengamalkan Qur'an dari lubuk hati yang paling dalam, tak cuma mengamalkan demi mengharapkan pujian...aamiin

    BalasHapus
  6. Lama ngga ngecek blog ini. Makin seru aja...

    BalasHapus
  7. LOMBA BLOG

    Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H Refiza Souvenir menyelenggarakan blog competition bagi para bloggers. Tuliskan semua hal tentang souvenir Islami dan dapatkan hadiah menarik dari Refiza, pendaftaran telah di perpanjang hingga 18 Agustus 2015. syarat dan ketentuan klik www.refiza.com/blogcompetition2015/

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda.. Tidak ada verifikasi kata..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...